Pages

Rabu, 30 Agustus 2017

Idhul Adha

           Idul Adha dirayakan pada hari ke 10 bulan Dhulhijjah, bulan lalu dalam kalender Hijrah Islami. Idul Adha merayakan haji ke tempat ibadah haji di Mekah. Hari kurban berdasarkan pada kisah Nabi Ibrahim dan putranya.
Acara utama Idul Adha adalah sebuah perayaan besar dimana semua anggota masyarakat diijinkan untuk ikut serta. Dikenal sebagai Perayaan Pengorbanan, makanan ini berasal dari pengorbanan domba jantan Nabi Ibrahim setelah Allah menyelamatkan nyawa Nabi Ismail. Di Idul Adha, setiap Muslim diharapkan mengorbankan hewan peliharaan (domba / kambing) terbaik mereka.
            Setelah binatang itu dikorbankan untuk Tuhan, dagingnya akan dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama ditawarkan kepada anggota keluarga orang yang memiliki hewan tersebut. Bagian kedua ditawarkan kepada kerabat jauh. Bagian ketiga dan terakhir dibagikan kepada orang-orang miskin di komunitas terdekat.
Pada Idul Adha, program penjangkauan masyarakat memastikan bahwa semua anggota masyarakat diberi makan. Perayaan Pengorbanan didasarkan pada ayat ke-196 surat Al-Baqoroh. Ini adalah hari libur yang memungkinkan orang Indonesia membantu anggota masyarakat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar