Pages

Selasa, 29 Agustus 2017

KOPI INDONESIA MENDUNIA

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan penghasil kopi terbaik di dunia. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kopi-kopi yang khas. Bahkan, beberapa di antaranya sudah terkenal sampai ke luar negeri.
Kopi asli Indonesia apa saja yang sudah mendunia?
1. Kopi Luwak
Kopi luwak merupakan salah satu kopi asal Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Rasanya yang khas serta prosesnya yang tidak biasa membuat banyak orang penasaran untuk mencicipi kopi tersebut. Kopi luwak berasal dari biji kopi yang telah melalui proses fermentasi secara alami dalam sistem pencernaan hewan berjenis musang luwak. Ya, musang luwak memang gemar mengonsumsi biji kopi. Namun, yang dikonsumsi hanya daging buah kopi saja, sementara biji kopi yang masih dilindungi kulit keras tidak tercerna dan keluar bersama kotoran musang luwak. Nah biji kopi inilah yang kemudian diolah dan menjadi biji kopi berkualitas tinggi dan berharga mahal. Ya, kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia denga harga USD150 atau Rp2,08 juta per 500 gram. Di Indonesia sendiri, sentra produksi kopi luwak terdapat di beberapa daerah diantaranya Aceh, Jawa Barat dan Jawa Timur. 
2. Kopi Toraja
Kopi asal Indonesia berikutnya yang terkenal di dunia adalah kopi Toraja. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Toraja. Kopi Toraja memiliki cita rasa yang sedap dan harum. Selain itu, perpaduan rasa pahit dan asam dengan diselimuti aroma herbal membuat kopi jenis ini tidak bisa ditemukan di daerah lain. Karena kenikmatannya, kopi Toraja mendapat julukan sebagai "Queen of Coffee". 
3. Kopi Kintamani Bali
Kopi Kintamani memiliki citarasa kopi yang berbeda dari kopi-kopi pada umumnya. Kopi ini memiliki citarasa buah-buahan yang asam nan segar . Rasa tersebut timbul karena kopi Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti jeruk dan lemon sehingga rasa dari tanaman tersebut terpapar pada biji kopi yang ditanam. Selain cita rasa buah, kopi ini juga memiliki rasa yang lembut dan tidak berat sehingga tepat bagi Anda yang ingin mencicipi citarasa kopi yang berbeda.
4. Kopi Flores Bajawa
Satu lagi kopi Indonesia yang menjadi unggulan di luar negeri. Ya, kopi Flores Bajawa adalah kopi andalan Indonesia yang berasal dari desa Ngada, Bajawa, Flores. Kopi ini memiliki cita rasa dan aroma khas karamel, nutty dan wangi bunga. Selain itu terdapat sensasi rasa tembakau usai menyeruput kopi ini. Tingkat keasaman yang rendah serta kekentalan yang pas membuat kopi ini dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia. 
5. Kopi Gayo Aceh
Kopi Gayo asal Aceh juga termasuk ke dalam daftar kopi Indonesia yang mendunia. Kopi ini memiliki aroma harum dan rasa gurih yang hampir tidak pahit. Tak heran kopi ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. (source:gohits/hs)


0 komentar:

Posting Komentar